Habib Salim Bin Jindan
Habib Salim bin Ahmad bin Husain bin Sholeh bin Abdullah bin ‘Umar
bin ‘Abdullah (BinJindan) bin Syaikhan bin Syaikh Abu Bakar bin Salim
adalah ulama dan wali besar ini dilahirkan di Surabaya
pada 18 Rajab 1324. Sejak kecil beliau mendapat pendidikan
agama dari ayahandanya.
Menginjak usia remaja beliau memperdalam agama kepada :
• Habib Abdullah bin Muhsin Al-Aththas ( Habib Empang, Bogor )
• Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhar ( Bondowoso )
• Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi ( Surabaya )
• Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf ( Gresik )
• Habib Alwi bin Muhammad Al-Haddad
• K.H.Cholil bin Abdul Muthalib ( Bangkalan )
• Habib Alwi bin Abdullah Syahab ( Tarim, Hadramaut )
• Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih.
Memulakan pengajiannya di Madrasah al-Khairiyyah,
Surabaya sebelum melanjutkan pelajarannya ke Makkah, Tarim dan Timur
Tengah. Berguru dengan ramai ulama. Seorang ahli hadis yang menghafal
70,000 hadis (i.e. ada yang mengatakan ratusan ribu hadis). Beliau juga
seorang ahli sejarah yang hebat, sehingga diceritakan pernah beliau
menulis surat dengan Ratu Belanda berisikan silsilah raja-raja Belanda
dengan tepat. Hal ini amat mengkagumkan Ratu Belanda, lantas surat
beliau diberi jawaban dan diberi pujian dan penghargaan, sebab tak
disangka oleh Ratu Belanda, seorang ulama Indonesia
yang mengetahui silsilahnya dengan tepat. Tetapi tanda penghargaan Ratu
Belanda tersebut telah dibuang oleh Habib Salim kerana beliau tidak
memerlukan penghargaan.
Dalam usaha dakwahnya, beliau telah mendirikan madrasah di Probolinggo serta mendirikan Majlis Ta’lim Fakhriyyah di Jakarta,
selain merantau ke berbagai daerah Indonesia untuk tujuan dakwah dan
ta’lim. Mempunyai ramai murid antaranya Kiyai Abdullah Syafi`i, Habib
Abdullah bin Thoha as-Saqqaf, Kiyai Thohir Rohili, Habib Abdur Rahman al-Attas dan ramai lagi.
Habib Salim juga aktif dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia sehingga
dipenjarakan oleh Belanda. Di zaman penjajahan Jepun, beliau juga sering
dipenjara kerana ucapan-ucapannya yang tegas, bahkan setelah
kemerdekaan Indonesia, beliau juga sering keluar masuk penjara kerana
kritikannya yang tajam terhadap kerajaan apalagi dalam hal bersangkutan
agama yang sentiasa ditegakkannya dengan lantang.
Sifat dan kepribadian luhurnya serta ilmunya yang luas menyebabkan ramai
yang berguru kepada beliau, Presiden Soerkano sendiri pernah berguru
dengan beliau dan sering dipanggil ke istana oleh Bung Karno. Waktu
Perjanjian Renvil ditandatangani, beliau turut naik atas
kapal Belanda tersebut bersama pemimpin Indonesia lain. Beliau wafat di
Jakarta pada 10 Rabi`ul Awwal dan dimakamkan dengan Masjid al-Hawi,
Jakarta……Al-Fatihah.
Ratapan 10 Muharram – Fatwa Habib Salim
Lantaran Revolusi Syiah Iran yang menumbangkan kerajaan Syiah Pahlavi, maka ada
orang kita yang terpengaruh dengan ajaran Syiah. Bahkan ada juga
keturunan Saadah Ba ‘Alawi yang terpengaruh kerana termakan dakyah Syiah
yang kononnya mengasihi Ahlil Bait.
Habib Salim bin Ahmad BinJindan telah menulis sebuah kitab membongkar
kesesatan Syiah yang diberinya jodol “Ar-Raa`atul Ghoomidhah fi Naqdhi
Kalaamir Raafidhah”. Berhubung dengan bid`ah ratapan pada hari ‘Asyura,
Habib Salim menulis, antaranya:-
• Dan di antara seburuk-buruk adat
mereka daripada bid`ah adalah puak Rawaafidh (Syiah) meratap dan
menangis setiap tahun pada 10 Muharram hari terbunuhnya al-Husain. Maka
ini adalah satu maksiat dari dosa-dosa besar yang mewajibkan azab bagi
pelakunya dan tidak sewajarnya bagi orang yang berakal untuk meratap
seperti anjing melolong dan menggerak-gerakkan badannya.
• Junjungan Rasulullah s.a.w. telah menegah daripada perbuatan
sedemikian (yakni meratap) dan Junjungan Rasulullah s.a.w. telah
melaknat orang yang meratap. Dan di antara perkara awal yang diminta
oleh Junjungan Rasulullah s.a.w. daripada wanita-wanita yang berbaiah
adalah supaya mereka meninggalkan perbuatan meratap terhadap si mati, di
mana Junjungan s.a.w. bersabda:- “Dan janganlah kalian merobek pakaian,
mencabut-cabut rambut dan menyeru-nyeru dengan kecelakaan dan
kehancuran”.
• Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan satu hadis daripada Sayyidina
Ibnu Mas`ud r.a. bahawa Junjungan s.a.w bersabda: “Bukanlah daripada
kalangan kami orang yang memukul dada, mengoyak kain dan menyeru dengan
seruan jahiliyyah (yakni meratap seperti ratapan kaum jahiliyyah).” Maka
semua ini adalah perbuatan haram dan pelakunya terkeluar daripada umat
Muhammad s.a.w. sebagaimana dinyatakan dalam hadis tadi.
• Telah berkata asy-Syarif an-Nashir li Ahlis Sunnah wal Jama`ah ‘Abdur Rahman
bin Muhammad al-Masyhur al-Hadhrami dalam fatwanya: “Perbuatan menyeru
`Ya Husain’ sebagaimana dilakukan di daerah India dan Jawa yang
dilakukan pada hari ‘Asyura, sebelum atau selepasnya, adalah bid`ah
madzmumah yang sangat-sangat haram dan pelaku-pelakunya dihukumkan fasik
dan sesat yang menyerupai kaum Rawaafidh (Syiah) yang dilaknat oleh
Allah. Bahawasanya Junjungan Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sesiapa yang
menyerupai sesuatu kaum, maka dia daripada kalangan mereka dan akan
dihimpun bersama mereka pada hari kiamat.”
Janganlah tertipu dengan dakyah Syiah. Pelajarilah betul-betul pegangan
Ahlus Sunnah wal Jama`ah dan berpegang teguh dengannya. Katakan tidak
kepada selain Ahlus Sunnah wal Jama`ah, katakan tidak kepada Wahhabi,
katakan tidak kepada Syiah.
Ulama dan Pejuang Kemerdekaan
Ulama Jakarta ini menguasai beberapa ilmu agama. Banyak ulama dan
habaib berguru kepadanya. Koleksi kitabnya berjumlah ratusan. Ia juga
pejuang kemerdekaan.
Pada periode 1940-1960, di Jakarta ada tiga habaib yang seiring
sejalan dalam berdakwah. Mereka itu: Habib Ali bin Abdurahman Alhabsyi
(Kwitang), Ali bin Husein Alatas (Bungur) dan Habib Salim bin Jindan
(Otista). Hampir semua habaib dan ulama di Jakarta berguru kepada
mereka, terutama kepada Habib Salim bin Jindan – yang memiliki koleksi
sekitar 15.000 kitab, termasuk kitab yang langka. Sementara Habib Salim
sendiri menulis sekitar 100 kitab, antara lain tentang hadits dan
tarikh, termasuk yang belum dicetak.
Lahir di Surabaya pada 18 Rajab 1324 (7 September 1906) dan wafat di
Jakarta pada 16 Rabiulawal 1389 (1 Juni 1969), nama lengkapnya Habib
Salim bin Ahmad bin Husain bin Saleh bin Abdullah bin Umar bin Abdullah
bin Jindan. Seperti lazimnya para ulama, sejak kecil ia juga mendapat
pendidikan agama dari ayahandanya.
Menginjak usia remaja ia memperdalam agama kepada Habib Abdullah bin
Muhsin Alatas (Habib Empang, Bogor), Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhar
(Bondowoso), Habib Muhammad bin Idrus Alhabsyi (Surabaya), Habib
Abubakar bin Muhammad Assegaf (Gresik), K.H. Cholil bin Abdul Muthalib
(Kiai Cholil Bangkalan), dan Habib Alwi bin Abdullah Syahab di Tarim,
Hadramaut.
Selain itu ia juga berguru kepada Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfagih,
seorang ahli hadits dan fuqaha, yang sat itu juga memimpin Madrasah
Al-Khairiyah di Surabaya. Bukan hanya itu, ia juga rajin menghadiri
beberapa majelis taklim yang digelar oleh para ulama besar. Kalau
dihitung, sudah ratusan ulama besar yang ia kunjungi.
Dari perjalanan taklimnya itu, akhirnya Habib Salim mampu menguasai
berbagai ilmu agama, terutama hadits, tarikh dan nasab. Ia juga hafal
sejumlah kitab hadits. Berkat penguasaannya terhadap ilmu hadits ia
mendapat gelar sebagai muhaddist, dan karena menguasai ilmu sanad maka
ia digelari sebagai musnid.
Mengenai guru-gurunya itu, Habib Salim pernah berkata, “Aku telah
berkumpul dan hadir di majelis mereka. Dan sesungguhnya majelis mereka
menyerupai majelis para sahabat Rasulullah SAW dimana terdapat
kekhusyukan, ketenangan dan kharisma mereka.” Adapun guru yang paling
berkesan di hatinya ialah Habib Alwi bin Muhammad Alhaddad dan Habib
Abubakar bin Muhammad Assegaf. Tentang mereka, Habib Salim pernah
berkata, ”Cukuplah bagi kami mereka itu sebagai panutan dan suri
tauladan.”
Pada 1940 ia hijrah ke Jakarta. Di sini selain membuka majelis taklim ia
juga berdakwah ke berbagai daerah. Di masa perjuangan menjelang
kemerdekaan, Habib Salim ikut serta membakar semangat para pejuang untuk
berjihad melawan penjajah Belanda. Itu sebabnya ia pernah ditangkap,
baik di masa penjajahan Jepang maupun ketika Belanda ingin kembali
menjajah Indonesia seperti pada Aksi Polisionil I pada 1947 dan 1948.
Dalam tahanan penjajah, ia sering disiksa: dipukul, ditendang, disetrum.
Namun, ia tetap tabah, pantang menyerah. Niatnya bukan hanya demi amar
makruf nahi munkar, menentang kebatilan dan kemungkaran, tetapi juga
demi kemerdekaan tanah airnya. Sebab, hubbul wathan minal iman – cinta
tanah air adalah sebagian dari pada iman.
Kembali Berdakwah
Setelah Indonesia benar-benar aman, Habib Salim sama sekali tidak
mempedulikan apakah perjuangannya demi kemerdekaan tanah air itu
dihargai atau tidak. Ia ikhlas berjuang, kemudian kembali membuka
majelis taklim yang diberi nama Qashar Al-Wafiddin. Ia juga kembalin
berdakwah dan mengajar, baik di Jakarta, di beberapa daerah maupun di
luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Kamboja.
Ketika berdakwah di daerah-daerah itulah ia mengumpulkan data-data
sejarah Islam. Dengan cermat dan tekun ia kumpulkan sejarah perkembangan
Islam di Ternate, Maluku, Ambon, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara,
Timor Timur, Pulau Roti, Sumatera, Pulau Jawa. Ia juga mendirikan sebuah
perpustakaan bernama Al-Fakhriah.
Di masa itu Habib Salim juga dikenal sebagai ulama yang ahli dalam
menjawab berbagai persoalan – yang kadang-kadang menjebak. Misalnya,
suatu hari, ketika ia ditanya oleh seorang pendeta, ”Habib, yang lebih
mulia itu yang masih hidup atau yang sudah mati?” Maka jawab Habib
Salim, “Semua orang akan menjawab, yang hidup lebih mulia dari yang
mati. Sebab yang mati sudah jadi bangkai.”
Lalu kata pendeta itu, “Kalau begitu Isa bin Maryam lebih mulia dari
Muhammad bin Abdullah. Sebab, Muhammad sudah meninggal, sementara Isa —
menurut keyakinan Habib — belum mati, masih hidup.”
“Kalau begitu berarti ibu saya lebih mulia dari Maryam. Sebab, Maryam
sudah meninggal, sedang ibu saya masih hidup. Itu, dia ada di belakang,”
jawab Habib Salim enteng. Mendengar jawaban diplomatis itu, si pendeta
terbungkam seribu bahasa, lalu pamit pulang. Ketika itu banyak kaum
Nasrani yang akhirnya memeluk Islam setelah bertukar pikiran dengan
Habib Salim.
Habib Salim memang ahli berdebat dan orator ulung. Pendiriannya pun
teguh. Sejak lama, jauh-jauh hari, ia sudah memperingatkan bahaya
kerusakan moral akibat pornografi dan kemaksiatan. “Para wanita mestinya
jangan membuka aurat mereka, karena hal ini merupakan penyakit yang
disebut tabarruj, atau memamerkan aurat, yang bisa menyebar ke seluruh
rumah kaum muslimin,” kata Habib Salim kala itu.
Ulama besar ini wafat di Jakarta pada 16 Rabiulawal 1389 (1 Juni 1969).
Ketika itu ratusan ribu kaum muslimin dari berbagai pelosok datang
bertakziah ke rumahnya di Jalan Otto Iskandar Dinata, Jakarta Timur.
Iring-iringan para pelayat begitu panjang sampai ke Condet. Jasadnya
dimakamkan di kompleks Masjid Alhawi, Condet, Jakarta Timur.
Almarhum meninggalkan dua putera, Habib Shalahudin dan Habib Novel yang
juga sudah menyusul ayahandanya. Namun, dakwah mereka tetap diteruskan
oleh anak keturunan mereka. Mereka, misalnya, membuka majelis taklim dan
menggelar maulid (termasuk haul Habib Salim) di rumah peninggalan Habib
Salim di Jalan Otto Iskandar Dinata.
Belakangan, nama perpustakaan Habib Salim, yaitu Al-Fachriyyah,
diresmikan sebagai nama pondok pesantren yang didirikan oleh Habib Novel
bin Salim di Ciledug, Tangerang. Kini pesantren tersebut diasuh oleh
Habib Jindan bin Novel bin Salim dan Habib Ahmad bin Novel bin Salim –
dua putra almarhum Habib Novel. “Sekarang ini sulit mendapatkan seorang
ulama seperti jid (kakek) kami. Meski begitu, kami tetap mewarisi
semangatnya dalam berdakwah di daerah-daerah yang sulit dijangkau,” kata
Habib Ahmad, cucu Habib Salim bin Jindan.
Ada sebuah nasihat almarhum Habib Salim bin Jindan yang sampai sekarang
tetap diingat oleh keturunan dan para jemaahnya, ialah pentingnya
menjaga akhlak keluarga. ”Kewajiban kaum muslimin, khususnya orangtua
untuk menasihati keluarga mereka, menjaga dan mendidik mereka,
menjauhkan mereka dari orang-orang yang bisa merusak akhlak. Sebab,
orangtua adalah wasilah (perantara) dalam menuntun anak-anak. Nasihat
seorang ayah dan ibu lebih berpengaruh pada anak-anak dibanding nasehat
orang lain.”
Disarikan dari Manakib Habib Salim bin Jindan karya Habib Ahmad bin Novel bin Salim.
Habib-Salim-bin-Hafiz
Habib Salim Bin Hafiz Bin Syaikh Abu Bakar bin Salim adalah datuk kepada Habib ‘Umar bin Muhammad
Bin Hafiz yang masyhur dewasa ini. Beliau lahir di Bondowoso, Pulau
Jawa pada 25 Syawwal 1288H / 6 Januari 1872M. Kemudian beliau dibawa
ayahandanya balik ke Kota Misythah, Hadhramaut ketika beliau berusia
kira-kira 8 tahun. Beliau menerima didikan awal daripada ayahnya dan
beberapa ulama di Kota Misythah antaranya dengan Mu’allim ‘Abud bin
Sa’id BaSyu’aib dan Mu’allim ‘Abdullah bin Hasan BaSyu’aib. Pada 1304H,
beliau meneruskan pencarian ilmunya dengan mendatangi Kota Tarim
al-Ghanna. Di kota berkat ini, beliau menimba pengetahuan agama daripada
para ulama di sana antaranya Mu’allim ‘Abdullah bin Ahmad BaGharib dan
Habib ‘Abdur Rahman bin
Muhammad al-Masyhur. Selain Kota Tarim, beliau turut mengadakan
perjalanan sama ada untuk mendalami ilmunya juga untuk menyebarkan ilmu
dan dakwah ke Seiwun, Du’an, al-Haramain, Zanzibar, Mombasa, India dan
tidak ketinggalan tanah kelahirannya, Pulau Jawa.
Di negeri-negeri yang dikunjunginya, beliau tidak melepaskan peluang
untuk mengadakan pertemuan dan menjalinkan hubungan dengan para ulama
dan awliya’ yang menetap di sana. Hasil pertemuan dan hubungan ini, baik
berupa wasiat, nasihat dan ijazah beliau kumpulkan dalam satu catatan
yang dinamakannya “Minhah al-Ilah fil ittishal bi ba’dhi awliya”. Habib
Salim terkenal sebagai seorang ulama yang bersifat khumul yang tidak
suka namanya dikenali orang. Apa yang penting baginya ialah keredhaan
Allah s.w.t., dan bukannya penghargaan manusia. Di akhir hayatnya, sifat
khumul ini semakin terserlah bila beliau sentiasa berusaha
bersungguh-sungguh untuk menyembunyikan dirinya dalam majlis-majlis umum
dengan duduk di shaf yang paling belakang. Beginilah sikap beliau
sehingga beliau dipanggil pulang ke rahmatUllah pada tahun 1387H di Kota
Misythah. Walaupun beliau tidak meninggalkan karya ilmiyyah yang
banyak, tetapi perjuangannya diteruskan zuriatnya antaranya oleh
anakandanya Habib Muhammad bin Salim dan kini teruskan oleh cucu-cucunya
Habib ‘Umar bin Muhammad dan Habib ‘Ali Masyhur bin Muhammad. Moga
rahmat Allah sentiasa dicucuri ke atas roh beliau dan ditempatkan beliau
bersama nendanya Junjungan Nabi s.a.w. … al-Fatihah.
Al Habib Munzir Al Musawwa
Munzir bin Fuad Al-Musawa atau lebih dikenal dengan Habib Munzir Al-Musawa (lahir di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, 23 Februari 1973 – meninggal di Jakarta, 15 September 2013 pada umur 40 tahun) adalah pimpinan Majelis Rasulullah.
Kehidupan Awal
Ia merupakan anak keempat dari lima bersaudara dari pasangan Fuad bin
Abdurrahman Al-Musawa dan Rahmah binti Hasyim Al-Musawa. Ayahnya
bernama Fuad yang lahir di Palembang dan dibesarkan di Mekkah. Setelah
lulus pendidikan jurnalistik di New York University, Amerika Serikat, ayahnya kemudian bekerja sebagai seorang wartawan di harian 'Berita Yudha' yang lalu menjadi Berita buana. Masa kecilnya dihabiskan di daerah Cipanas, Jawa barat bersama-sama saudara-saudaranya, Nabiel Al-Musawa,
Ramzy Fuad Almusawa, Lulu Fuad Almusawa serta Aliyah Fuad Almusawa.
Ayahnya meninggal dunia tahun 1996 dan dimakamkan di Cipanas, Jawa
Barat.
Setelah ia menyelesaikan sekolah menengah atas, ia mulai mendalami
Ilmu Syariah Islam di Ma’had Assaqafah Al Habib Abdurrahman Assegaf di
Bukit Duri Jakarta Selatan, lalu mengambil kursus bahasa arab di LPBA
Assalafy Jakarta timur. Ia memperdalam lagi Ilmu Syari’ah Islamiyah di
Ma’had Al Khairat, Bekasi Timur,yang di pimpin oleh habib naqib bin
muhammad bin syekh abu bakar bin salim,beliau banyak menimba ilmu di
ma'had al khairat dan di sinilah beliau kenal dengan habib umar bin hafidz direktur dan pendiri Ma’had Darul Musthafa di Tarim, Hadhramaut
Yaman pada tahun 1994 untuk mendalami bidang syari'ah selama empat
tahun. Di sana ia mendalami ilmu fiqh, ilmu tafsir Al Qur'an, ilmu
hadits, ilmu sejarah, ilmu tauhid, ilmu tasawwuf, mahabbaturrasul, ilmu
dakwah, dan ilmu ilmu syariah lainnya.
Majelis Rasulullah SAW
Nama Rasulullah SAW sengaja digunakan untuk nama Majelisnya yaitu “Majelis Rasulullah
SAW”, agar apa-apa yang dicita-citakan oleh majelis taklim ini
tercapai. Sebab ia berharap, semua jamaahnya bisa meniru dan mencontoh
Rasulullah SAW dan menjadikannya sebagai panutan hidup. Habib Munzir
juga rutin melakukan takbir akbar di Istiqlal atau Senayan yang sering
dihadiri para pimpinan tertinggi negara Indonesia. Majelisnya mengalami
pasang surut, awal berdakwah ia memakai kendaraan umum turun naik bus,
menggunakan jubah dan surban, serta membawa kitab-kitab. Tak jarang ia
mendapat cemoohan dari orang-orang sekitar. Ia bahkan pernah tidur di
emperan toko ketika mencari murid dan berdakwah. Kini majlis taklim yang
diasuhnya setiap malam selasa di Masjid Al-Munawar Pancoran Jakarta
Selatan, yang dulu hanya dihadiri tiga sampai enam orang, sudah
berjumlah sekitar 30.000 hadirin setiap malam selasa, Habib Munzir sudah
membuka puluhan majlis taklim di seputar Jakarta dan sekitarnya, ia
juga membuka majelis di rumahnya setiap malam jum’at bertempat di jalan
Kemiri Cidodol Kebayoran.
Kehidupan pribadi
Munzir memiliki dua putra dan satu putri dari istrinya.
Sakit dan Meninggal
Habib Munzir memiliki penyakit asthma kronis sejak kecil dan sering
keluar-masuk rumah sakit. Pada tahun 2012 ia pernah dirawat di RSCM
Jakarta karena penyakit radang otak.
Habib Munzir dinyatakan wafat secara medis saat berada di RSCM pada
taggal 15 September 2013 jam 15:30 WIB. Sebelum meninggal, Habib Munzir
juga pernah dioperasi karena ada cairan di perutnya. Penyakit tersebut
sempat menganggu aktivitas Habib Munzir dalam berdakwah. Meskipun sedang
dirundung rasa sakit, soal urusan dakwah, Habib Munzir, menurut
kakaknya Nabil, tidak pernah memikirkan sakitnya.[4].
Habib Munzir pernah memakai kursi roda saat berdakwah, bahkan pernah
memakai tempat tidur khusus dari rumah sakit. Di tahun 2012 sempat
dilakukan penyedotan lemak pada tubuhnya.
Menurut penuturan yang ditulis di blog pribadinya, ia sempat bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad
SAW. "Saya sangat mencintai Rasulullah SAW, menangis merindukan
Rasulullah SAW, dan sering dikunjungi Rasululullah SAW dalam mimpi,
Rasul selalu menghibur saya jika saya sedih, suatu waktu saya mimpi
bersimpuh dan memeluk lutut beliau dan berkata wahai Rasulullah SAW aku
rindu padamu, jangan tinggalkan aku lagi, butakan mataku ini asal bisa
jumpa denganMu ataukan matikan aku sekarang, aku tersiksa di dunia ini.
Rasulullah SAW menepuk bahu saya dan berkata , "Munzir, tenanglah,
sebelum usiamu mencapai 40 tahun kau sudah jumpa denganku maka saya
terbangun,"
Saat sedang berkumpul bersama keluarga di rumahnya, habib Munzir
masuk kamar mandi sejak siang namun sampai sore hari tidak juga keluar.
Keluarganya mendobrak pintu kamar mandi dan menemukan habib Munzir sudah
tergeletak di lantai tidak sadar. Ia pun dilarikan ke rumah sakit Cipto
Mangunkusumo, namun satu jam kemudian para dokter menyatakan ia telah
tiada. Menurut penuturan kerabatnya, habib Munzir meninggal karena
serangan jantung
Habib Munzir dimakamkan di pemakaman umum Habib Kuncung di Kalibata,
Jakarta pada hari Senin 16 September 2013 sekitar jam 13:00 WIB, setelah
disholatkan di masjid Al-Munawwar Pancoran. Puluhan ribu umat muslim
mengantarkan jenazahnya dan menyaksikan prosesi pemakaman dengan takzim.
Acara pemakaman pun disiarkan live oleh salah satu stasiun Televisi.
Berikut petikan tulisan Habib Munzir tentang mimpi bertemu dengan Nabi
Muhammad SAW yang akan menjemputnya saat dirinya berusia 40 tahun:
"Aku
teringat mimpiku beberapa minggu yg lalu, aku berdiri dg pakaian lusuh
bagai kuli yg bekerja sepanjang hari, dihadapanku Rasulullah saw berdiri
di pintu kemah besar dan megah, seraya bersabda : semua orang tak tega
melihat kau kelelahan wahai munzir, aku lebih tak tega lagi, kembalilah
padaku, masuklah kedalam kemahku dan istirahatlah
Ku jenguk
dalam kemah mewah itu ada guru mulia, seraya berkata :kalau aku bisa
keluar dan masuk kesini kapan saja, tapi engkau wahai munzir jika masuk
kemah ini kau tak akan kembali ke dunia..
Maka Rasul saw
terus mengajakku masuk, masuklah.. kau sudah kelelahan.., kau tak punya
rumah di dunia(memang saya hingga saat ini masih belum punya rumah) ,
tak ada rumah untukmu di dunia, karena rumahmu adalah disini
bersamaku.., serumah denganku.., seatap dg ku, makan dan mium bersamaku
.. masuklah,,,
Lalu aku berkata : lalu bagaimana dg Fatah
Jakarta? (Fatah tegaknya panji kedamaian Rasul saw), maka beberapa orang
menjawab dibelakangku : wafatmu akan membangkitkan ribuan hati utk
meneruskan cita citamu,..!!, masuklah,,,!
Lalu malaikat
Izrail as menggenggamku dari belakang, ia memegang dua pundakku, terasa
seluruh uratku sudah digenggamannya, seraya berkata : mari kuantar kau
masuk.. mari
Maka kutepis tangannnya, dan aku berkata, saya
masih mau membantu guru mulia saya, maka Rasul saw memerintahkan Izrail
as untuk melepaskanku..
Aku terbangun
Semalam
ketika aku rebah dalam kegelapan kulihat dua tamu bertubuh cahaya,
namun wajahnya tidak bertentuk kecuali hanya cahaya, ia memperkenalkan
bahwa ia adalah Izrail as..
Kukatakan padanya : belum
belum.. aku masih ingin bakti pada guru muliaku.. pergilah dulu, maka ia
pun menghilang raib begitu saja.
Tahun 1993 aku
bermimpi berlutut dikaki Rasul saw, menangis rindu tak kuat untuk ingin
jumpa, maka Sang Nabi saw menepu pundakku tenang dan sabarlah..sebelum
usiamu mencapaii 40 tahun kau sudah kumpul bersamaku
Usia saya kini 37 tahuh pada 23 feb 73, dan usia saya 38 tahun pada 19 muharram ini.
Peradangan
otak ini adalah penyakit terakhirku, aku senang wafat dg penyakit ini,
karena Rasul saw beberapa bulan sebelum wafatnya terus nebgeluhkan sakit
kepala..
Salam rinduku untuk kalian semua jamaah
Majelis Rasulullah saw kelak, jika terjadi sesuatu padaku maka teruskan
perjuanganku.. ampuni kesalahanku.., kita akab jumpa kelak dg perjumpaan
yg abadi..
Amiin..
Kalau usiaku ditakdirkan lebih maka kita terus berjuang semampunya, tapi mohon jangan siksa hari hariku.. hanya itu yg kuminta..
Semoga Allah panjangkan umur beliau untuk berdakwah di jalan Allah dan Rasulullah. Amin.
Cerita Karomah Habib Munzir Al Musawwa
Ketika ada orang yg iseng bertanya padanya : wahai habib, bukankah
Rasul saw juga punya rumah walau sederhana??, beliau tertegun dan
menangis, beliau berkata : iya betul, tapikan Rasul saw juga tidak beli
tanah, beliau diberi tanah oleh kaum anshar, lalu bersama sama membangun
rumah.., saya takut dipertanyakan Allah kalau ada orang muslim yg masih
berumahkan koran di pinggir jalan dan di gusur gusur, sedangkan bumi
menyaksikan saya tenang tenang dirumah saya..
pernah ada seorang wali besar di Tarim, guru dari Guru Mulia Almusnid
alhabib Umar bin Hafidh, namanya Hb Abdulqadir Almasyhur, ketika hb
munzir datang menjumpainya, maka habib itu yg sudah tua renta langsung
menangis.. dan berkata : WAHAI MUHAMMAD…! (saw), maka Hb Munzir berkata :
saya Munzir, nama saya bukan Muhammad.., maka habib itu berkata :
ENGKAU MUHAMMAD SAW..!, ENGKAU MUHAMMAD.. SAW!, maka hb Munzir diam…
lalu ketika ALhabib Umar bin Hafidh datang maka segera alhabib
Abdulqadir almasyhur berkata : wahai umar, inilah Maula Jawa (Tuan
Penguasa Pulau Jawa), maka Alhabib Umar bin Hafidh hanya senyam senyum..
(kalo ga percaya boleh tanya pada alumni pertama DM)
lihat kemanapun beliau pergi pasti disambut tangis ummat dan cinta,
bahkan sampai ke pedalaman irian, ongkos sendiri, masuk ke daerah yg
sudah ratusan tahun belum dijamah para da’i, ratusan orang yg sudah
masuk islam ditangannya, banyak orang bermimpi Rasul saw selalu hadir di
majelisnya,
bahkan ada orang wanita dari australia yg selalu mimpi Rasul saw, ia
sudah bai’at dengan banyak thariqah, dan 10 tahun ia tak lagi bisa
melihat Rasul saw entah kenapa, namun ketika ia hadir di Majelis Hb
Munzir di masjid almunawar, ia bisa melihat lagi Rasulullah saw..
maka berkata orang itu, sungguh habib yg satu ini adalah syeikh Futuh
ku, dia membuka hijabku tanpa ia mengenalku, dia benar benar dicintai
oleh Rasul saw, kabar itu disampaikan pada hb munzir, dan beliau hanya
menunduk malu..
beliau itu masyhur dalam dakwah syariah, namun mastur (menyembunyikan diri) dalam keluasan haqiqah dan makrifahnya. .
bukan orang yg sembarangan mengobral mimpi dan perjumpaan gaibnya ke khalayak umum
ketika orang ramai minta agar Hb Umar maulakhela didoakan karena
sakit, maka beliau tenagn tenang saja, dan berkata : Hb Nofel bin Jindan
yg akan wafat, dan Hb Umar Maulakhela masih panjang usianya.. benar
saja, keesokan harinya Hb Nofel bin Jindan wafat, dan Hb Umar maulakhela
sembuh dan keluar dari opname.., itu beberapa tahun yg lalu..
ketika Hb Anis Alhabsyi solo sakit keras dan dalam keadaan kritis,
orang orang mendesak hb munzir untuk menyambangi dan mendoakan Hb Anis,
maka beliau berkata pd orang orang dekatnya, hb anis akan sembuh dan
keluar dari opname, Insya Allah kira kira masih sebulan lagi usia
beliau,..
betul saja, Hb Anis sembuh, dan sebulan kemudian wafat..
ketika gunung papandayan bergolak dan sudah dinaikkan posisinya dari
siaga 1 menjadi “awas”, maka Hb Munzir dg santai berangkat kesana,
sampai ke ujung kawah, berdoa, dan melemparkan jubahnya ke kawah, kawah
itu reda hingga kini dan kejadian itu adalah 7 tahun yg lalu (VCD nya
disimpan di markas dan dilarang disebarkan)
demikian pula ketika beliau masuk ke wilayah Beji Depok, yg terkenal
dg sihir dan dukun dukun jahatnya., maka selesai acara hb munzir malam
itu, keesokan harinya seorang dukun mendatangi panitya, ia berkata :
saya ingin jumpa dg tuan guru yg semalam buat maulid disini..!, semua
masyarakat kaget, karena dia dukun jahat dan tak pernah shalat dan tak
mau dekat dg ulama dan sangat ditakuti, ketika ditanya kenapa??, ia
berkata : saya mempunyai 4 Jin khodam, semalam mereka lenyap., lalu
subuh tadi saya lihat mereka (Jin jin khodam itu) sudah pakai baju putih
dan sorban, dan sudah masuk islam, ketika kutanya kenapa kalian masuk
islam, dan jadi begini??, maka jin jin ku berkata : apakah juragan tidak
tahu?, semalam ada Kanjeng Rasulullah saw hadir di acara Hb Munzir,
kami masuk islam..!
kejadian serupa di Beji Depok seorang dukun yg mempunyai dua ekor
macan jadi jadian yg menjaga rumahnya, malam itu Macan jejadiannya
hilang, ia mencarinya, ia menemukan kedua macan jadi2an itu sedang duduk
bersimpuh didepan pintu masjid mendengarkan ceramah hb munzir..
demikian pula ketika berapa muridnya berangkat ke Kuningan Cirebon,
daerah yg terkenal ahli santet dan jago jago sihirnya, maka hb munzir
menepuk bahu muridnya dan berkata : MA’ANNABIY.. !, berangkatlah, Rasul
saw bersama kalian..
maka saat mereka membaca maulid, tiba tiba terjadi angin ribut yg
mengguncang rumah itu dg dahsyat, lalu mereka mnta kepada Allah
perlindungan, dan teringat hb munzir dalam hatinya, tiba tiba angin
ribut reda, dan mereka semua mencium minyak wangi hb munzir yg seakan
lewat dihadapan mereka, dan terdengarlah ledakan bola bola api diluar
rumah yg tak bisa masuk kerumah itu..
ketika mereka pulang mereka cerita pd hb munzir, beliau hanya senyum dan menunduk malu..
demikian pula pedande pndande Bali, ketika Hb Munzir kunjung ke Bali,
maka berkata muslimin disana, habib, semua hotel penuh, kami tempatkan
hb ditempat yg dekat dengan kediaman Raja Leak (raja dukun leak) di
Bali, maka hb munzir senyum senyum saja, keesokan harinya Raja Leak itu
berkata : saya mencium wangi Raja dari pulau Jawa ada disekitar sini
semalam..
maaf kalo gue ceplas ceplos, cuma gue lebih senang guru yg mengajar
syariah namun tawadhu, tidak sesohor, sebagaimana Rasul saw yg
hakikatnya sangat berkuasa di alam, namun membiarkan musuh musuhnya
mencaci dan menghinanya, beliau tidak membuat mereka terpendam dibumi
atau ditindih gunung, bahkan mendoakan mereka,
demikian pula ketika hb munzir dicaci maki dg sebutan Munzir ghulam
ahmad..!, karena ia tidak mau ikut demo anti ahmadiyah, beliau tetap
senyum dan bersabar, beliau memilih jalan damai dan membenahi ummat dg
kedamaian daripada kekerasan, dan beliau sudah memaafkan pencaci itu
sebelum orang itu minta maaf padanya, bahkan menginstruksikan agar
jamaahnya jangan ada yg mengganggu pencaci itu,
kemarin beberapa minggu yg lalu di acara almakmur tebet hb munzir malah
duduk berdampingan dg si pencaci itu, ia tetap ramah dan sesekali
bercanda dg Da’i yg mencacinya sebagai murtad dan pengikut ahmadiyah..
INI VIDEO SAWARUL HABAIB
Video ini wajib untuk ente semua liat.......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar